CARA AGAR KOTORAN AYAM TIDAK BAU MENYENGAT



Masalah yang sangat signifikan dikalangan peternak adalah bau kotoran hewan peliharaan khususnya adalah bau kotoran ayam. Bau yang menyengat kadang menjadi penyebab munculnya komplain dari masyarakat, apalagi lokadi kandang ayam dekat dengan pemukiman penduduk.
bau yang ditimbulkan tersebut tak lain adalah karena dari pakan yang dikonsumsi ayam, yaitu kosentrat. konsentrat membuat kotoran ayam menjadi sangat bau.


Seperti diketahui sekarang ini banyak sekali beredar pakan jadi untuk ayam di pasaran dengan kandungan protein yang berbeda-beda. Ada yang mengandung protein cukup tinggi, berkisar 17-23% . Apabila karena sesuatu hal organ pencernaan ayam tak bisa mencerna pakan dengan sempurna maka kotoran ayam masih mengandung banyak protein. Sisa Protein yang keluar bersama kotoran  inilah yang  membuat kotoran ayam menjadi berbau sangat menyengat.


Kandang ayam berbau menyengat juga  bisa disebabkan oleh kandungan amonia yang tinggi di dalam kandang. Cara meminimalisir amonia bisa dengan cara mengatur sirkulasi udara secara baik, atau memberikan obat yang bisa meminimalisir amonia tersebut.

Tonton Video Youtube :


Dari hal tersebut, ada beberapa trik untuk menghilangkan atau mengurangi bau kotoran ayam yang menyengat.yaitu:


1.menggunakan bakteri Em4. fungsinya adalah membunuh bakteri yang membuat kotoran ayam baunya membusuk. cara penggunaaannya adalah bisa disemprotkan ke kotoran ayam atau dicampurkan ke makanan atau minuman ayam.


2.mengurangi kadar protein dengan cara mengurangi kadar kosentrat dengan menambah bekatol/kosentrat. semakin banyak tambahan bekatol/kosentrat maka kotoran ayam akan tidak bau.

Post a Comment

0 Comments