CARA MENGETAHUI LAPORAN TERBACA GRUP WHATSAPP

Halo pembaca setia blog ini, kali ini Saya akan membagikan sebuah trik dalam pengoprasian whatsapp. Yaitu cara mengetahui laporan dibaca dalam sebuah grup. Bagi yang sudah tahu atau tempe silahkan skip saja artikel ini, karena Saya hanya membagikan kepada rekan-rekan yang belum tahu.

Sumber gambar : http://google.com/whatsapp/

Whatsapp adalah salah satu aplikasi paling banyak digunakan pada saat ini. Bahkan sebagian perusahaan mewajibkan karyawannya menggunakan whatsapp sebagai sarana komunikasi. Selain pesan chat, whatsapp juga menyediakan fitur call, video call, kirim gambar kirim suara, tetapi asal jangan kirimkan hatimu lewat aplikasi whatsapp (Apaan sih?).

Salah satu kegiatan dalam aplikasi whatsapp adalah pesan grup, yakni pesan antara dua lebih orang dalam satu percakapan. Kita sering kali mengirimkan pesan kepada teman-teman grup seperti konten lucu, berita, informasi dan prank kejutan yang mengakibatkan teman Anda terkena serangan jantung (kisah nyata), apakah Anda salah satunya? Wow ternyata anda greget.

Aplikasi whatsapp yang sekarang mengalahkan pesaingnya yaitu aplikasi BBM. BBM bukanlah Bahan Bakar Minyak, BBM adalah singkatan dari aplikasi BlackBerry Messengers yang dulu sempat booming. Di awali dengan handphone bermerk BlackBerry yang memungkinkan satu handphone hanya memiliki satu PIN saja. Setelah dimakan usia BlackBerry semakin ditinggalkan karena banyak faktor diantaranya seperti gangguan broadcast berbau pornografi, promo mengganggu, hingga bocoran soal ujian (woww). Dan kini Aplikasi Whatsapp telah menduduki peringkat atas salah satu aplikasi dengan pengguna terbanyak (tepuk tangan).

Kembali ke pokok masalah yaitu bagaimana cara mengetahui laporan dibaca dalam sebuah grup. Sering kali kita mengirimkan sebuah pesan ke dalam grup Whatsapp. Tetapi kita tidak tahu apakah pesan itu telah dibaca oleh target kita atau belum?

Langkah-langkahnya sangat mudah sekali, yaitu pertama tekan dan tahan pesan Anda dalam grup tersebut seperti di gambar :



Kedua pilih info, lihat gambar :



Ketiga Anda sudah bisa melihat siapa saja yang telah membaca pesan Anda, tetapi mereka tidak membalas pesan Anda (sabar ya boss).


Cara diatas cukup simpel , hanya 3 langkah saja untuk mengetahui siapa saja yang telah membaca pesan Anda. Dengan cara diatas tidak berlaku bagi orang yang menonakrifkan laporan dibaca. Karena ketika orang menonaktifkan laporan dibaca, maka kita dan orang tersebut tidak akan tahu pesannya telah dibaca oleh orang lain sampai orang itu mengaktifkan lagi laporan terbacanya.

Cara diatas juga bisa digunakan untuk bukti memarahi karyawan Anda dengan menscreenshot laporan diatas sebagai bukti bahwa mereka telah membaca tetapi tidak menanggapi. Saya harap dengan artikel ini Anda sedikit terbantu dalam menghadapi kemajuan teknologi yang semakin cepat. Karena sebenarnya program itu dibuat sedemikian rupa untuk memudahkan kita dalam pengoprasian / penggunaannya.

Bagi Anda yang tidak paham dan mengerti apa itu whatsapp atau Anda yang belum mendownload Aplikasi whatsapp bisa langsung download di google playstore secara gratis. Ukurannya pun tergolong kecil untuk Aplikasi seukuran whatsapp.

Terimakasih telah membaca, jangan lupa follow ig @awan_kai . 

Tinggalkan komentar membangun dibawah ini, dan jika Anda mengalami masalah silahkan kirim pesan ke email Saya pada blanko di sebelah kanan blog ini, kami akan merespon secepat mungkin untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Post a Comment

0 Comments