CARA MENGATASI KESALAHAN COMPILE PADA APLIKASI BORLAND C++

Halo pembaca setia, berjumpa lagi secara tak kasap mata di blog Saya kali ini akan membahas tentang pemrograman C++. Postingan sebelumnya sangat banyak menyinggung pengertian, tutorial, dan contoh script dari program bahasa C++.

Para pembaca baik dari SMK RPL maupun otodidak, apa yang terpikirkan ketika kalian mendengar kata script? Pastinya kalian akan membayangkan kata bahasa inggris dan tanda baca. Bagi orang-orang yang suka tantangan, pemrograman adalah hal yang menyenangkan. Selain mengasah logika, juga akan bisa membantu orang banyak ketika program kita selesai dibuat.

Kebanyakan juga orang-orang belajar programan untuk membuat game. Kenapa mereka ingin membuat game? Bukannya lebih asik memainkan daripada membuat game?
Menurut Saya pada diri manusia ada jiwa yang membuat orang itu ingin menyenangkan orang lain.
Pertama Anda seorang yang menyukai tantangan, kedua Anda seseorang yang bisa membaca peluang, dan ketiga Anda adalah orang yang mempunyai tekad kuat.

Belajarlah ilmu sampai tuntas, karena ilmu yang hanya setengah sama artinya anda membuang waktu Anda. Seperti tanpa adanya abjad A-Z maka tidak akan ada sebuah kata-kata.

Banyak pilihan yang bisa kita pilih sebagai seorang programmer, salah satunya dalam dunia bisnis adalah membuat aplikasi Kasir. Anda akan dibayar dengan jumlah uang ratusan juta hanya untuk aplikasi Kasir dan Database dalam satu perusahaan saja, apalagi dengan perusahaan Nasional yang jangkauannya mencakup seluruh wilayah Indonesia? Berapa Uangnya? Ya hitung sendiri Saya malas menghitung saking banyak angka Nol nya.


Bagi Anda yang baru belajar bahasa pemrograman C++ pasti akan menemukan salah satunya adalah error compile. Apa itu error compile? Compile adalah proses sistem untuk menjadikan script kita menjadi satu yaitu menjadi sebuah aplikasi. Ketika error saat melakukan prose compile itu artinya ada script yang tidak diinginkan atau malah terhapus.

Terkadang tanpa sengaja kita menghapus satu karakter script tanpa sengaja, karena sangat banyak script kitapun tidak curiga, misal kita menghapus titik koma, nah kitapun tidak akan sadar telah menghapusnya karena beribu-ribu karakter apalagi aplikasi besar.

Menjadi programer juga harus teliti, pintar tapi tidak teliti adalah zonk, tetapi teliti tidak pintar masih bisa dimaklumi. Maka dari itu ketelitian adalah modal awal programer. Dan orang pintar pun menciptakan aplikasi BORLAND C++ untuk bisa mengoreksi script secara otomatis. Mencengangkan bukan? Jadi kita tidak perlu teliti lagi karena ketelitian sudah menjadi tugas Komputer sepenuhnya.

Ketika Anda bertanya kenapa script saya error saat compile? Apa yang harus saya lakukan ? Apakah Saya menghapus semua data itu? Ternyata tidak kita tidak perlu melakukan hapus data dan mulai dari awal.

Sebenarnya belajar C++ tidak sesulit yang anda bayangkan, pernahkan anda gagal mengCompile hail tutorial yang ada pada file .PDF atau yang lain ??
sebenarnya struktur dari C++ sebagai berikut :

#include<iostream.h>
#include<conio.h>
main()
{
isi
}
getch();
}

Sering kali anda mengcopy tutorial tanpa menyadari ada kesalahan pada perintah C , adakalanya kehilangan perintah "GETCH();" adakalanya kehilangan perintah "#INCLUDE<CONIO.H>" dan masih banyak lagi.

Karena itulah sempat Saya singgung tadi bahwa seorang programer harus teliti. Ketika sebuah aplikasi gagal mendeteksi bagian mana script yang error, maka Andalah yang mencermatinya sendiri.

SEKIAN SEDIKIT ILMU DARI SAYA , SEMOGA BERMANFAAT DAN JIKA ADA SALAH KATA MOHON DI MAAFKAN !!!

JANGAN LUPA FOLLOW IG @AWAN_KAI

Post a Comment

0 Comments