STOP PUNYA BANYAK ALAMAT EMAIL / CARA MENGINGAT KATA SANDI

Halo pembaca setia Setiawan Nugraha Putra Blog, blog menarik yang akan membuat Anda terinspirasi. Saya harap dengan adanya artikel kali ini dapat merubah sedikit pola pikir Anda. Di blog kali ini Saya akan sedikit menyinggung beberapa kasus yang banyak terjadi di kehidupan kita sehari-hari. Terutama menyangkut tekhnologi informasi, dan komunikasi.



Di jaman modern ini kita disuguhkan dengan berbagai macam tekhnologi, salah satunya media sosial yang menjadi kebutuhan kita sehari-hari. Kebutuhan akan media sosial dari kepentingan pribadi maupun pekerjaan. Media sosial sangat banyak macamnya seperti facebook, instagram, twitter, whatsapp, line, bbm, dll.


Untuk melakukan pendaftaran ke akun media sosial tidak lepas dari namanya email (electronik mail) atau surat elektronik. Sebagian orang sangat menyepelekan apa yang disebut email, bahkan satu orang mempunyai lebih dari satu email, dan parahnya lagi mereka tidak ingat password semua email mereka sendiri. Mulai sekarang berhentilah melakukan tindakan tersebut, fokuslah pada satu email saja.

Email di jaman modern ini bisa disamakan dengan alamat rumah pada KTP anda. Bedanya, email adalah rumah Anda yang tidak terlihat secara kasap mata, melainkan elektronik. Jika begitu apa jadinya jika kita kehilangan email ? Ya benar kita akan kehilangan rumah kita. Kebanyakan orang akan berfikir bahwa email akan bisa dibuat lagi. Memang benar email bisa dibuat lagi, akan tetapi data penting pada email Anda sebelumnya tidak bisa tercopy ke email baru Anda.

Mungkin pada tahun 2010 email memang tidak terlalu penting, bahkan satu orang mempunyai banyak akun email. Ada yang digunakan untuk kebaikan, dan ada juga yang digunakan untuk keburukan. Masa-masa baru berkembang teknologi dan masih menggunakan facebook di warnet.

Hampir seluruh akun media sosial mengharuskan penggunanya untuk mendaftarkan dan mengkonfirmasi email aktif. Ternyata bukan hanya media sosial, tetapi seluruh akun mulai dari bisnis hingga akun layanan pemerintahan mengharuskan Anda mendaftarkan email. Seperti contoh akun e-filling (membayar pajak online),BPJS, SAMSAT ONLINE, E-KTP, dll. Perkembangan teknologi yang semakin pesat ini dibutuhkan juga yang namanya alamat yaitu email itu sendiri. Ketika Anda lupa email Anda? Maka Anda juga kehilangan akun Anda, dan apakah Anda bisa bayangkan betapa susahnya untuk dapat mengembalikan akun Anda?

Tetapi banyak orang yang tanpa sengaja melupakan password email mereka sendiri, sehingga mereka membuat email baru. Padahal mereka bisa menggunakan fasilitas "lupa password", mungkin sebagian dari Anda kurang dalam hal teknologi. Solusinya adalah meminta pertolongan kenalan atau teman Anda yang tahu akan teknologi , jangan mengabaikan begitu saja.
Karena jika suatu email sudah terdaftar pada suatu website, maka email konfirmasi, pemberitahuan, dan informasi akan masuk ke email Anda dengan tujuan mempermudah berjalannya sistem itu sendiri.

Sebenarnya ada beberapa tips agar Anda tetap ingat password / sandi email Anda :

1. Catat email dan sandi pada kertas untuk diselipkan di dompet Anda.

2. Catat email dan sandi pada aplikasi note / catatan pada handphone Anda, jika tidak ada bisa mencarinya di google playstore.

3. Beritahukan email dan sandi kepada orang terdekat.

4. (isi dikolom komentar)

Itulah beberapa tips dari Saya, jika ada tambahan tips dari Anda bisa ditambahkan di kolom komentar.

Mulai sekarang stop menyepelekan email !
Email Anda adalah Alamat Anda !

Terimakasih telah bersedia membaca di Setiawan Nugraha Putra Blog , terus ikuti informasi-informasi menarik dan bagikan link ini ke teman-teman maupun keluarga yang mungkin membutuhkan artikel ini.
Follow akun instagram di @awan_kai

Post a Comment

0 Comments