4 CIRI-CIRI POKOK DOC YANG SEHAT

Tak jarang peternak itu mengeluh apabila ternaknya tidak sukses, alias bnyak kematian atau masa panen lambat. Karena peternak tidak memperhatikan sebab awalnya. penyebab awal lambat panen dan mortalitas atau kematian ayam umumnya ditentukan dari awal penebaran bibit artinya dalam memilih bibit haruslah slektif dengan membeli ke orang pembibitan terpercaya. agar perkembangan ayam normal dan sehat, tidak mudah sakit. agar petenak bisa menentukan DOC yg sehat seperti apa. disini sy akan menjelaskan ciri ciri pokok DOC ayam yang sehat. diantaranya adalah:

1. POSTUR TUBUH BERDIRI TEGAP

DOC  yang berkualitas adalah Anda bisa melihat dari postur DOC tersebut. pilihlah DOC yang bertubuh tegap dan tidak memiliki kecacatan. DOC yang berkualitas mampu berdiri dengan tegap, kaki mampu menopang tubuhnya dengan baik, selain itu perhatikan pula bagian sayapnya. DOC yang berkualitas prima memiliki sayap yang simetris dan tidak ada bagian sayap yang patah ke bawah. postur terlihat lebih besar dari DOC pada umumnya.

2.MATA BHENING

Ciri DOC yang berkualitas selanjutnya adalah pilihlah yang bermata bening. Mata adalah bagian tubuh hewan yang menjadi tanda apakah hewan tersebut berkualitas bagus atau sedang dalam keadaan sakit. Ikan yang sudah tidak layak dimakan matanya akan buram dan merah, begitu pula dengan DOC yang tidak sehat matanya pun akan terlihat buram dan merah. jadi  kalau menemukan ciri DOC tersebut berati DOC tidak sehat. 

3. LINCAH

DOC yang sehat adalah yang bergerak dengan lincah. DOC yang tidak sehat tidak akan mampu bergerak dengan lincah justru DOC tersebut pasif. Untuk ciri satu ini Anda bisa dengan mudah membedakan mana DOC yang sehat dan mana yang tidak sehat. Jangan pernah mengambil DOC yang tidak berkualitas. sebab di dalam kandang jika ada satu yang tidak sehat maka  mudah menular ke DOC yang lainnya. yang menemukan DOC dikandang seperti itu diharapkan segera di karantina.

4. BULU MENGKILAP

Bulu yang mengkilap ini adalah tanda bahwa kondisi DOC dalam keadaan sehat. Selain bulunya mengkilap bulu tersebut juga harus lembut dan bersih. Ciri DOC yang tidak berkualitas adalah bulunya yang tidak bisa tumbuh dengan sempurna, sehingga bulu tersebut hanya tumbuh pada bagian-bagian tertentu saja, bulunya kusam. DOC jenis ini akan mudah terkena penyakit dikarenakan bulunya tidak cukup untuk menghangatkan tubuhnya. jadi bulu juga penentu kesehatan ayam nanti.

Post a Comment

0 Comments