POLA DASAR KEHIDUPAN


Niscaya Allah swt akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang berilmu beberapa deraja.." QS. Al-Mujadalah/58:11

Pendidikan adalah salah satu bagian mendasar pada baik atau buruknya suatu peradaban manusia. Hal ini kemudian menjadi tolok ukur paradigma yang paten untuk mengetahui apakah suatu masa tersebut sedang mengalami kamajuan atau malah kemunduran baik secara moral maupun intelektual. Tanpa adanya kehadiaran suatu pendidikan, maka bisa kita bayangkan bagaimana rupa-rupa generasi di masa depan: meraguakan, kah? Seorang pemimpin dari negara adidaya Amerika Serikat, John. Kennedy, pernah mengatakan bahwa kemajuan kita sebagai bangsa tidak bisa lebih cepat daripada kemajuan kita dalam pendidikan. Pikiran manusia adalah sumber daya paling fund a mental dalam hidup. Pendidikan, bagaimana pun, merupakan wadah perantara untuk menumbuh-kembangkan manusia yang cakap, berilmu dan berpengetahuan.


Saya tertarik dengan pernyataan Nelson Mandela bahwa Pendidikan adalah senjata paling ampuh untuk mengubah dunia. Benar sekali. Sebuah perubahan yang besar membutuhkan gerakan yang mendasar. Gerakan yang betul-betul menyentuh pada pokok persoalan. Sampai saat ini saya masih yakin bahwa dengan menyamaratakan pelayanan volume sarana pra-sarana pendidikan di seluruh daerah secara proporsional dan kontekstual, maka negara kita Indonesia akan menjadi negara yang berdaulat dan berdikari seutuhnya. Berawal dari pola pikir yang baik maka senantiasa akan menciptakan pola hidup teratur dan terukur. Oleh karena itu, tujuan pendidikan adalah mempertajam kecerdasan, memperkukuh kamauan serta memperhalus perasaan, Tan Malaka.

Post a Comment

0 Comments