CARA MEMAKSIMALKAN KINERJA APLIKASI ATAU GAME PADA PC RAM KECIL

Halo kawan-kawan berjumpa kembali dengan Saya Setiawan Nugraha Putra , kali ini Saya akan sedikit sharing pengetahuan tentang cara mempercepat sebuah aplikasi dengan mudah tanpa puyeng. Sekali lagi disini tidak ada maksud menggurui karena kita sama-sama belajar, ilmu di Dunia ini tidak terbatas. Jadi ada kalanya ada yang lebih tinggi ilmunya dari yang lebih tinggi (diatas langit ada langit).

Aplikasi atau Application dalam bahasa inggris adalah sebuah software di atas Sistem Operasi yang digunakan untuk perantara manusia dengan komputer dengan tujuan mempermudah pekerjaan manusia. Jadi jika ada aplikasi yang malah bikin pusing bukannya mempermudah malah mempersulit itu artinya aplikasi gagal hahaha. 

Aplikasi sendiri sangat tersedia banyak di dunia ini, setiap orang atau kelompok berlomba-lomba membuat sebuah aplikasi yang belum pernah ada dengan tujuan mempermudah pekerjaan manusia dan memajukan perekonomian Negara, Merdeka !!!
Jika kita hitung aplikasi di dunia ini sudah tidak terhitung lagi banyaknya.

Setiap Aplikasi pun mempunyai versi, setiap beberapa bulan sekali akan ada pembaruan fitur pada aplikasi, memperbaiki cacat pada aplikasi, tentunya ukuran aplikasi semakin besar. Dan menguntungkan pihak penjual harddisk (curhat).

Jika kita mereview kembali ke beberapa tahun yang lalu ukuran sebuah aplikasi A tidak sebesar ukuran aplikasi A jaman sekarang. Jika tidak dilakukan pembaruan maka aplikasi tersebut akan punah dimakan zaman. Apalagi sekarang teknologi maju begitu cepat, setiap detik ada penemuan baru yang mencengangkan.

Disamping itu selain memakan memory harddisk, aplikasi juga berdampak pada penggunaan RAM (RANDOM ACCESS MEMORY) adalah penyimpanan sementara pada komputer.
Pada saat komputer dinyalakan, ada aplikasi yang non aktif dan aplikasi aktif, dua duanya tersimpan di dalam Harddisk. Contoh aplikasi aktif yaitu antivirus yang setiap saat aktif. Sedangkan contoh aplikasi non aktif yaitu game, game akan aktif manual, sedangkan antivirus akan aktif otomatis ketika start up.

Tujuan RAM adalah untuk penyimpanan file aktif baik otomatis maupun manual, jadi ketika kita membuka sebuah aplikasi, maka aplikasi aktif akan tersimpan di RAM selama aktif. 
Ketika kita membuka banyak aplikasi atau sering disebut multitasking, maka banyak juga penyimpanan pada RAM. semakin banyak aplikasi aktif semakin lambat RAM akan bekerja.
Windows sendiri telah memberikan program proritas pada setiap aplikasi, pada umumnya prioritas aplikasi adalah normal. 
Pada postingan ini kita akan mengganti prioritas normal menjadi high , seketika itu aplikasi pilihan kita akan memperoleh prioritas utama dalam pemakaian semua aplikasi tersebut.

Misalkan saat kita bermain game, dan game tersebut mengalami sedikit lag (macet-macet), Itu artinya RAM dalam keadaan penuh. Ketika kita ganti aplikasi game tersebut menjadi prioritas high, maka RAM akan fokus kepada game tersebut menutup akses kepada aplikasi yang lainnya. dan akan membuat game berjalan lancar. (ada perbedaan)

Cara memaksimalkan kinerja sebuah aplikasi yang 
sedang berjalan, tentunya disini tidak perlu menggunakan sebuah aplikasi tambahan, melainkan cukup dengan system bawaan Windows sendiri. Yaitu menggunakan “Task Manager”

Pilih menu “Start Task Manager”

 Lalu kita pilih tag “Proccesses” ,



kali ini kita akan mengoptimalkan kinerja aplikasi “Chrome.exe” klik kanan pada “chrome.exe” pilih “Set priority” – “High” 



lalu pilih “Change Priority”


Sekarang aplikasi Chrome.exe telah bekerja secara maximal karena kita memprioritaskan proses dari aplikasi tersebut menjadi primer (high)


Note :

Tips ini untuk anda yang mempunya PC / Laptop yang berkapasitas RAM kecil, sehingga bisa membantu kenyamanan anda menggunakan aplikasi yang sedang anda gunakan, atau Game yang sedang anda mainkan.

Follow ig di @awan_kai

Post a Comment

0 Comments